'/> Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?

Info Populer 2022

Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?

Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?
Apa Itu Pesawat Ulang Alik Dan Pesawat Ruang Angkasa?
Pembahasan kita kali ini akan mengupas wacana  Apa itu Pesawat Ulang Alik dan Apa itu Pesawat Ruang Angkasa ?. Kita sering mendengar istilah Pesawat Ulang Alik yang terkadang oleh sebagian orang disebut dengan Pesawat Ruang Angkasa  . Lalu samakah kedua istilah tersebut. Untuk memahaminya, mari kita mencoba mengenal terlebih dahulu definisi atau pengertian dari kedua istilah tersebut.

Definisi Pesawat Ulang Alik

Dikutip dari dictionary.com, pesawat ulang alik yakni sebuah kendaraan (pesawat) yang dibangun oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang bisa lepas landas dari Bumi, membawa kru dan kargo (muatan) ke luar angkasa dan kembali lagi ke bumi untuk dipakai kembali.

Pesawat ulang alik ini dikenal dengan nama Space Transportation System (STS) atau lebih terkenal dengan NASA's Space Shuttle atau Space Shuttle saja.


Lalu Apa itu Pesawat Ruang Angkasa ?

Pesawat Ruang Angkasa atau terkadang sering disebut dengan Pesawat Luar Angkasa yakni sebuah kendaraan atau mesin yang didesain untuk melaksanakan penerbangan menuju luar angkasa.

Pesawat luar angkasa sering dipakai untuk banyak sekali tujuan, seperti:
  • Untuk komunikasi, 
  • Observasi bumi.
  • Meteorologi
  • Navigasi
  • Eksplorasi planet, 
  • Dan transportasi insan dan kargo.


Dengan demikian kita sanggup menyimpulkan bahwa pesawat ulang alik yakni pesawa luar angkasa juga. Karena yang pertama memperkenalkan istilah tersebut yakni NASA dengan misi penerbangan pertamanya melalui Space Shuttle Enterprise (Pesawat Ulang Alik Enterprise), maka istilah pesawat ulang alik sering menggantikan istilah pesawat luar angkasa yang intinya ada beberap perbedaan.

Kaprikornus Apa bedanya Pesawat Ulang Alik dengan Pesawat Luar Angkasa lainnya ?

Perbedaan antara Pesawat Ruang Angkasa(Spacecraft) dan Pesawat Ulang Alik(Space Shuttle) adalah:
  • Pesawat Ruang Angkasa hanya bisa membawa satu satelit.
  • Sedangkan Pesawat Ulang Alik bisa membawa dua hingga tiga satelit dalam satu kali  take-off. 
  • Pesawat ulang-alik yakni jenis tertentu dari pesawat ruang angkasa NASA yang dipakai untuk kegiatan Sistem Transportasi Space untuk memindahkan orang, persediaan dan komponen ke ruang angkasa dan kembali lagi ke Bumi sehabis selesainya misi.
Kaprikornus istilah Pesawat Ruang Angkasa adalah nama umum untuk sebuah pesawat yang sanggup diluncurkan ke ruang angkasa.

Pesawat luar angkasa pertama 

Pesawat luar angkasa pertama yakni Vostok I dengan membawa satelit  Sputnik I (satelit pertama di dunia) yang berhasil diluncurkannya  pada tahun 1957, kemudian diikuti keberhasilan dengan menerbangkan Yuri Gagarin mengelilingi Bumi diluar angkasa pada tahun 1961.




Referesi :

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Space_Shuttle_Columbia
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Program_luar_angkasa_Uni_Soviet
3. http://www.dictionary.com/browse/space-shuttle

Advertisement

Iklan Sidebar